Header Ads

KPB Bionic UNY
  • Breaking News

    MENGENALKAN BW4K (BIRDWATCHING FOR KIDS) UNTUK KELESTARIAN ALAM DI SEKOLAH RAMADHAN TPA AL-MUTTAQIN DAYAKAN

    BW4K (Birdwatching for kids) merupakan kegiatan pengamatan burung bersama anak-anak  yang bertujuan untuk menanamkan jiwa konservasi sejak dini untuk kelestarian alam. BW4K dilaksanakan hari Jumat, 14 April 2023 yang bertepatan pada bulan ramadhan 1444 H, uniknya BW4K kali ini berkolaborasi dengan Panitia Sekolah Ramadhan TPA Al-Muttaqin Dayakan. Kegiatan ini diadakan di desa wisata watu ledhek, sebuah lokasi yang ciamik di Dayakan, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman dengan peserta sekitar 46 anak-anak.

    Acara dimulai pukul 16.30 WIB, diawali dengan perkenalan kemudian penjelasan mengenai cara menggunakan binokuler sebagai alat untuk mengamati burung sambil peserta mencobanya secara bergantian. Setelah dirasa peserta siap untuk mencoba pengamatan burung secara langsung, selanjutnya pengamatan dibagi menjadi 4 pemandu dengan setiap kelompok terdiri satu sampai dua pemandu. Pemandu yang akan membantu peserta mengenal dan mengidentifikasi burung-burung yang mereka temukan sekaligus mengajarkan konservasi mengenai pentingnya kelestarian burung di alam. Mereka yang menjadi pemandu saat itu yaitu Sholeh Wahyu Nugroho, Nadhia Sk Muhinda Putri, Cicilia Mega Gevita, Gracecielo Isaiah Poetra, Vikram Zaky Ardianto, Haqqul Fata, dan David Suharjanto. Setelah 45 menit mengamati burung sambil saling berdiskusi mengenai peran burung di alam sampai ciri-ciri dan aktivitas burung yang dapat teramati bersama pemandu kelompok masing-masing.

    “Misalnya burung cucak kutilang, burung yang akrab dengan nama pasaran kutilang. Burung kutilang biasanya memakan buah-buahan, ulat, hingga serangga. Melalui apa yang dimakan, burung kutilang sudah mempunyai perang penting di alam yaitu sebagai penyebar biji-bijian dan mengendalikan jumlah serangga. Oleh karena itu, mari kita jaga kelestariannya ya kawan-kawan” ujar Janto saat memandu kelompok.

    Kemudian sembari menunggu waktu berbuka puasa, peserta diajak berkumpul di pendopo untuk berdiskusi lagi mengenai burung apa saja yang berhasil diamati. Dengan lokasi yang berdekatan persawahan dan sungai sehingga dapat dijumpai burung bondol jawa, bondol peking, cucak kutilang, walet linci, dan cekakak jawa.

    Adzan pun berkumandang, tak terasa kegiatan bw4k di penghujung acara. Kegiatan diakhiri dengan buka bersama. Harapannya setelah kegiatan ini diadakan anak-anak dapat mengenal berbagai jenis burung dan habitatnya sekaligus menumbuhkan jiwa konservasi lingkungannya.

    Terima kasih teman-teman TPA Al-Muttaqin Dayakan

    Kepedulian di hari ini, kelestarian di masa depan!

    Tidak ada komentar