Minggu, 07 September 2014

"Anggota" Bionic Dominasi Juara LBWM 2014

"Anggota" Kelompok Pengamat Burung BIONIC Universitas Negeri Yogyakarta (KPB BIONIC UNY) mendominasi juara di Lomba Bird Watching Merapi 2014 tingkat nasional. Lomba Bird Watching Merapi (LBWM) 2014 ini diselenggarakan oleh Balai Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) bekerja sama dengan Paguyuban Pengamat Burung Jogja (PPBJ). LBWM 2014 ini dilaksanakan pada tanggal 5-7 September 2014 di Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM).
The Aghnanisme - Juara Lomba Bird Watching Merapi 2014 [Andri]
Ada beberapa kategori yang dilombakan di LBWM 2014. Lomba utama terdiri dari tiga jenis lomba, yaitu pengamatan burung berupa hasil sketsa gambar burung dan deskripsinya, lomba cerdas cermat, dan kuis berupa tebak gambar dan tebak suara burung. Poin dari ketiga lomba tersebut akan diakumulasi untuk memperoleh tiga peringkat juara umum. Selain tiga kategori lomba tersebut, panitia juga mengadakan lomba dokumentasi dengan tiga kategori, yaitu foto satwa, foto tumbuhan, dan foto kegiatan. Ada juga lomba desain logo kegiatan yang nantinya logo terbaik akan digunakan sebagai logo Lomba Bird Watching Merapi selanjutnya.

Setidaknya ada 80 tim dari berbagai kelompok dan komunitas mengikuti LBWM 2014 ini. Tim-tim ini berasal dari berbagai kalangan, mulai dari pelajar, mahasisa, dan umum. Lomba pengamatan burung yang dilakukan dihari kedua dimulai dari campground di Karang Pramuka, Kaliurang menuju lokasi pengamatan. Lokasi pengamatan sendiri terdapat empat jalur, yaitu Tlogo Putri, Puncak Plawangan, Goa Jepang, dan Tlogo Nirmolo. Dari keempat jalur tersebut, tim bebas memilih jalur yang akan ditempuh namun panitia memberi batasan waktu pengamatan mulai pukul 04:30-12:00 WIB.
The Aghnanisme - Peserta Lomba Bird Watching Merapi 2014 [Andri]
Pada LBWM 2014 ini, KPB BIONIC UNY mengirimkan 7 tim dan 1 tim di antaranya berhasil menyabet juara untuk dua kategori, juara II dan juara pengamatan burung terbaik. Adalah tim Bionic Raminten yang terdiri dari Panji Gusti Akbar, Ekky Yudha P, dan Amanina. Juara III direbut oleh tim KSS Jamuskauman yang salah satu anggotanya adalah alumni Universitas Negeri Yogyakarta dan anggota KPB BIONIC UNY (Bionicers), yaitu Teguh Willy Nugroho. Juara pertama diraih The Tale of Javan Green Magpie dari Jakarta Birder yang salah satu anggotanya juga mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta dan juga Bionicers, yaitu Waskito Kukuh Wibowo. Atas perolehan prestasi tersebut kelompok studi ornithology dari Universitas Negeri Yogyakarta, KPB BIONIC UNY berhak atas tropi, sertifikat, dan uang pembinaan Rp 5.000.000,- untuk Juara II serta tropi, sertifikat, dan uang pembinaan Rp 750.000,- untuk Juara Kategori Pengamatan Burung Terbaik.

Kepedulian di hari ini, Kelestarian di masa depan.

0 komentar:

Posting Komentar