Selasa, 07 Maret 2017

Forum Diskusi #1 Paguyuban Pengamat Burung Jogja

Kelompok Pengamat Burung Bionic Universitas Negeri Yogyakarta (KPB Bionic UNY) termasuk anggota dari Paguyuban Pengamat Burung Jogja (PPBJ) bersama Biolaska UIN Sunan Kalijaga, Silvagama UGM, KP3Burung UGM, KSSL UAJY, Binobio UAD, BSC UAD dan kelompok lainnya. Pada hari Kamis (2/3) kemarin, PPBJ mengadakan Forum Diskusi #1 dimana Silvagama UGM sebagai tuan rumah memilih Ruang V Lantai 2 Gedung A Fakultas Kehutanan UGM sebagai tempat diskusi.

Agenda Forum Diskusi #1 ini berisi tentang sharing hasil seminar Konferensi Peneliti dan Pemerhati Burung Indonesia 3 Bali dan sharing Asian Waterbird Census. Kegiatan yang dimulai pukul 19:00 WIB ini diawali dengan perkenalan singkat dari peserta dilanjutkan sharing hasil seminar KPPBI 3 Bali yang diwakili oleh Rahmadiyono Widodo dari KPB Bionic UNY dan Robert Fernando dari KSSL UAJY.

Koordinator PPBJ, Rahmadiyono Widodo menjelaskan bahwa topik utama yang diangkat dalam KPPBI 3 Bali ini tidak jauh berbeda dengan KPPBI 2 Jogja. Topik utama yang diangkat adalah 1) Burung di habitat alaminya, 2) Burung di habitat yang dimodifikasi, 3) Topik khusus tentang konservasi Curik Bali dan 4) Scientific Journalism. Sedangkan untuk workshop, topik yang disediakan adalah 1) Fotografi untuk studi burung, 2) Percincinan burung, 3) Konservasi burung pemangsa dan 4) Peran medik konservasi untuk pelestarian burung.

Acara berikutnya sharing Asian Waterbird Census yang dilakukan Silvagama UGM, KPB Bionic UNY dan PPBJ. Perwakilan dari Silvagama UGM menceritakan pengambilan data Asian Waterbird Census yang mereka lakukan di Laguna Segara Anakan pada tanggal 3-4 Januari 2017. Mereka menggunakan perahu untuk mendata jenis-jenis burung air di sana.

KPB Bionic UNY diwakili Aghnan Pramudihasan mempresentasikan kegiatan AWC yang dilakukan di dua tempat yaitu Waduk Mulur Sukoharjo dan Pagak Purworejo. AWC Waduk Mulur dilaksanakan pada tanggal 17 Januari 2017 dengan jumlah 27 jenis burung yang teramati, sedangkan AWC Pagak Purworejo pada tanggal 23 Januari 2017 dengan jumlah 38 jenis burung yang teramati.


Kegiatan Asian Waterbird Census yang dilakukan PPBJ dipresentasikan oleh Rahmadiyono Widodo dan Zulaima Rakhmatiar dari KP3Burung Fakultas Kehutanan UGM. Kegiatan yang disampaikan meliputi AWC di Arboretum UGM dan AWC di Delta Sungai Progo. Di akhir acara disampaikan agenda PPBJ terdekat adalah Jogja Bird Walk dengan penanggung jawab dari KSSL UAJY. (Desi/Aghnan)

0 komentar:

Posting Komentar