Header Ads

KPB Bionic UNY
  • Breaking News

    Mersi #4 (Pendataan Burung Kampus)

    Pendataan burung kampus merupakan kegiatan rutin tiap tahun yang dilakukan Kelompok Pengamat Burung Bionic Universitas Negeri Yogyakarta. Kegiatan yang sudah dilaksaksanakan sejak tahun 2004 ini bertujuan untuk mendata jenis-jenis burung dan kelimpahannya di Universitas Negeri Yogyakarta.

    Pendataan burung kampus diaksanakan pada hari Sabtu-Minggu, 20-21 Juni 2015 memasuki bulan puasa. Pelaksanaannya dilakukan dua kali pengamatan setiap harinya yaitu pagi dan sore hari. Pengamatan pagi hari dimulai pukul 07.00 - 09.00 WIB dan pengamatan sore hari pukul 15.30 - 17.30 WIB.

    Beberapa catatan menarik dalam pendataan burung kampus bulan Juni 2015 yaitu dijumpai tiga ekor Celepuk reban / Sunda Scops-Owl di Taman Pancasila, Gelatik jawa / Javan Sparrow di FBS, Remetuk laut / Golden-bellied Gerygone dan Kareo padi / White-breasted Waterhen. Namun, terdapat beberapa jenis burung yang tercatat di pendataan burung kampus sebelumnya tetapi tidak dijumpai di pendataan burung kampus tahun ini. Salah satunya adalah Gemak loreng / Barred Buttonquail yang biasanya terdapat di sekitar kebun dekat GOR UNY.

    Pengamatan dilakukan dengan membagi area UNY menjadi lima blok pengamatan yaitu FMIPA-FE-FIS-FIP, LPPM-LPPMP-FT, Rektorat UNY-Auditorium UNY-Lapangan Sepak Bola FIK-Lapangan Tenis FIK, Kebun Biologi-FBS, dan Laboratorium FMIPA-GOR UNY. Pada kegiatan ini tercatat ada 38 jenis burung yang dijumpai. Hasil dari pendataan burung kampus ini akan dipublikasikan dalam bentuk poster dan banner.

    Tidak ada komentar