Header Ads

KPB Bionic UNY
  • Breaking News

    Buku Panduan Lapang Burung Kampus Karya KPB Bionic UNY Akhirnya Terbit

    Pendataan Burung Kampus di Universitas Negeri Yogyakarta sudah dimulai sejak tahun 1994 oleh Pak Djuwanto, M.S selaku dosen ekologi dibantu oleh beberapa mahasiswa. Pendataan bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis burung yang ada di kebun Biologi FMIPA UNY. Pada tahun 2003, Pak Yuni Wibowo, M.Pd selaku dosen Pendidikan Biologi kembali melakukan penelitian burung di kampus UNY setelah sebelumnya sempat terhenti.

    Pertengahan tahun 2004 muncul beberapa mahasiswa Biologi angkatan 2001 yaitu Imam Taufiqurrahman, Anis Utomo dan Ahmad Fahrudin yang begitu tertarik dengan pengamatan burung. Kemudian bersama 7 orang lainnya, mereka mencoba mwadahi kegiatan ini dengan membentuk sebuah kelompok yang mengkhususkan diri pada dunia perburungan. Akhirnya BIONIC menjadi nama yang disepakati, sebuah akronim dengan kepanjangan “Biology UNY Ornithologi Club”.

    Tahun pertama menjalani sebagai sebuah organisasi intra kampus, BIONIC belum banyak melakukan program dan kegiatan. Mersi singkatan dari bahasa Jawa “Mersani Peksi” yang berarti pengamatan burung menjadi kegiatan inti yang rutin dilakukan. Mersi yang rutin dilakukan di kampus kemudian menjadi Pendataan Burung Kampus. Hasil dari Pendataan Burung Kampus setiap tahun tersimpan di file pengurus Bidang Operasional.

    Tahun 2013, melalui Ahmad Zulfikar Abdullah dan Zulqarnain Assiddiqi, KPB Bionic UNY mulai menyusun sebuah buku panduan tentang burung-burung yang ada di kampus. Tujuannya adalah untuk memperkenalkan berbagai jenis burung yang pernah teramati di kampus kepada masyarakat luas khususnya cititas akademi UNY. Buku ini juga sekaligus mejadi media kampanye untuk mengajak lebih peduli dan menjaga lingkungan sekitar khususnya kampus.

    Di pertengahan tahun 2015, Buku Panduan Lapang Burung Kampus UNY Karangmalang Yogyakarta selesai disusun, diolah dan siap diterbitkan. Namun, dalam proses penerbitannya buku ini sempat terkendala proses administrasi. Akhirnya buku panduan pengamatan burung karya Bionicers (sebutan bagi anggota KPB Bionic UNY) ini harus tersimpan untuk beberapa saat.

    Di tahun 2016, dengan persetujuan Bapak Dr. Paidi M.Si selaku Ketua Jurusan Pendidikan Biologi akhirnya Buku Panduan Lapang Burung Kampus UNY Karangmalang Yogyakarta memperoleh ISBN dan siap dicetak meskipun masih dalam jumlah terbatas. 

    Mengingat bahwa ide untuk menyusun buku burung kampus dan menerbitkannya sudah ada sejak lama bahkan sebelum Tim Penyusun terbentuk, Ketua KPB Bionic UNY tahun 2016, Aghnan Pramudihasan masih mencoba mengusahakan untuk memperbanyak jumlah buku yang dicetak. Buku ini nantinya dapat menjadi informasi terkini tentang potensi burung yang ada di Kampus UNY Karangmalang kepada civitas akademika UNY maupun instansi luar. Selain itu, buku ini juga dapat digunakan sebagai pertimbangan dalam pembangunan Kampus UNY Karangmalang yang berorientasi terhadap kelestarian burung di alam. (Aghnan)

    Tidak ada komentar