Header Ads

KPB Bionic UNY
  • Breaking News

    AWC Kedua KPB Bionic UNY di Pagak Purworejo

    Melanjutkan kegiatan Asian Waterbird Census yang sudah dilakukan di beberapa lokasi, KPB Bionic UNY pada hari Senin (23/1) kembali melakukan kegiatan pendataan burung air di Pagak, Purworejo. Beberapa lokasi yang sudah dilakukan pendataan burung air pada bulan Januari 2017 antara lain Arboretum UGM; Waduk Mulur, Sukoharjo; dan Delta Sungai Progo.

    Ketua Bionic 2017, Wicak aji Pangestu menerangkan bahwa pemilihan lokasi Pagak, Purworejo karena melihat list jenis burung tiga tahun yang lalu di lokasi ini dimana masih terdapat jenis-jenis burung air yang melimpah. Tempat pengamatan berada di sekitar aliran sungai yang masih terdapat tanaman rawa.

    Peserta pada kegiatan ini antara lain Aghnan Pramudihasan, Arma Abdul Malik, Wicak Aji Pangestu, Fadholi Yudha Alif Furqon, Isdini Ganishwardhani, Dwi Pawestri, Rika Pratiwi, Elsa Aviventi, Kidung Tyas Sumekar, Kiryono (KPB Bionic UNY) dan Asman Adi Purwanto (Raptor Indonesia).

    Pengamatan dimulai pukul 08:00-11:00 WIB di sekitar jembatan. Burung Kareo padi, Mandar batu dan Raja-udang biru dapat diamati dengan mudah menggunakan teropong monokuler. Bergeser ke sisi yang lain, teramati burung Bondol oto-hitam sedang mondar-mandir membawa material sarang. Memasuki daerah dekat tambak dan persawahan, burung Bondol oto-hitam dengan jumlah yang cukup banyak berada dalam satu flok.

    Hasil pengamatan di Pagak, Purworejo ini tercatat terdapat 38 jenis burung dimana 14 diantaranya adalah burung air. Catatan menarik lainnya adalah Bondol oto-hitam dan Layang-layang batu yang membuat sarang. (Aghnan)

    Tidak ada komentar