Header Ads

KPB Bionic UNY
  • Breaking News

    Bionic Ikuti KPPBI 4 Semarang

    KPB Bionic UNY mendelegasikan anggotanya untuk mengikuti Konferensi Peneliti dan Pemerhati Burung di Indonesia yang ke-4 yang diadakan FMIPA Universitas Negeri Semarang (UNNES), Kamis-Sabtu (8-10/2) di Auditorium UNNES Sekaran.

    Ketua Panitia KPPBI 4, Margareta Rahayuningsih mengatakan bahwa konferensi bertema "Peran Generasi Muda dalam Penelitian dan Konservasi Burung. Stop Perburuan dan Perdagangan Ilegal" ini bertujuan untuk menyebarluaskan informasi terkini terkait konservasi burung di Indonesia, meningkatkan jaringan dan peran antar peneliti dan pemerhati burung, dan mengembangkan pengetahuan tentang burung di Indonesia.

    Beberapa keynote speaker yang tampil yaitu Ir. Wiratno, M.Sc. (Dirjen KSDAE), Prof. Vijak Chimchome, PhD (Faculty of Forestry – Kasetsart University), Bas Van Balen (Peneliti dan Pemerhati Burung Indonesia), Adam Miller (Planet Indonesia), Dwi Nugroho Adhiasto (World Conservation Society), Riza Marlon (Wild Photography), Prof. Ani Mardiastuti (IPB), Dr Dewi Malia Prawiradilga, M.Sc. (LIPI), Dr Pramana Yuda (Lecturer of UAJY), Muhammad Iqbal (Daemeter Consulting).

    KPB Bionic UNY mengirimkan beberapa judul hasil penelitian dan lolos untuk dipresentasikan baik presentasi oral maupun presentasi poster. Desi Dwi Ariyanti bersama tim mempresentasikan penelitian mereka yang berjudul Upaya Konservasi Famili Ciconiidae dan Ardeidae pada Ekositem Mangrove Desa Kaliwlingi Brebes. Rahmadiyono Widodo bersama tim mempresentasikan Keanekaragaman Burung di Kawasan Wisata Pasir Mendit Kulon Progo.

    Zahra Noor A'yuna bersama tim dengan penelitian berjudul Kualitas UNY sebagai RTH dalam Kurun Waktu 2009-2017 dengan Menggunakan Burung sebagai Indikator. Alfian Surya Fathoni bersama tim dengan penelitian Perilaku Menelisik Bulu pada Burung Lonchura maja di Lingkungan Kampus UNY. Aghnan Pramudihasan dan Kiryono dengan penelitian berjudul Keanekaragaman Jenis Burung Pantai di Muara Sungai Progo Yogyakarta.

    Dua senior Bionic yang telah lulus dari UNY juga mempresentasikan penelitian mereka. Han Prasetya Adhi dengan Keragaman Burung Liar di Kebun Raya Samosir dan Kecamatan Simanindo Sumatera Utara. Zulkarnain Assidiqi bersama tim dengan penelitian Telaah Awal tentang Burung di Bandara Adisutjipto Yogyakarta.

    Pada tanggal 10 Februari 2018 diadakan Birdwatching Field Trip lokasi di Rawa Pening, Ambarawa, Kabupaten Semarang dan juga Workshop dengan tema (a) Penelitian dan Konservasi Raptor, (b) Penandaan Burung dan (c) Standarisasi Metode Perkiraan Populasi dan Okupansi Burung.


    1 komentar: