Header Ads

KPB Bionic UNY
  • Breaking News

    Story of PPBI VIII di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta oleh Anisa Maulidiya

    Ruangan masih agak sepi, jam masih menunjukkan pukul 07.45 WIB --- acara dimulai pukul 08.00 WIB. Aku duduk di sebelah mbak-mbak yang entah siapa namanya. Rachel dan Shanas, nama mereka setelah kami berkenalan, mereka dari KP3 Burung Fakultas Kehutanan UGM. Aluur perekrutan anggota baru dan agenda masing-masing komunitas pun menjadi obrolan kami. Pembukaan dan lagu Indonesia Raya menghentikan obrolan ringan kami.

    Ini adalah pertama kalinya aku mengikuti seminar Pertemuan Pengamat Burung Indonesia (PPBI). PPBI VIII dilaksanakan di dua tempat berbeda yaitu UIN Sunan Kalijaga untuk seminar dan Jatimulyo Kulon Progo untuk pengamatan.

    Aku tiba-tiba diundang oleh salah satu panitia PPBI, untuk mengikuti seminar dan menjadi salah satu perwakilan dari KPB Bionic UNY. Suatu kebanggaan tersendiri sih diundang untuk ikut seminar nasional bertemakan "Merajut Avitourism Indonesia” ini, secara gratis lagi. Lebih bangga lagi yang mengikuti seminar adalah orang-orang yang sudah expert di dunia ornitologi. Berasa kek pengamat burung amatir yang masuk dalam lingkup orang-orang hebat seperti mereka. Tapi tidak mengapa, hal semacam ini bisa menjadi pengalaman pribadi yang membanggakan.

    Di seminar PPBI ke VIII, aku sempat betemu dengan Pembina KPB BIONIC UNY, Pak Sudarsono, M.Si. Setelah pembukaan, materi sesi pertama "Kiprah Pengamat Burung di Indonesia" oleh Dr. Karyadi Baskoro, S.Si, M.Si. Beliau sempat bercerita mengenai pengalamannya yang dulu hanya mempunyai teropong binokuler mainan, sekarang sudah dengan alat canggih yang sangat membantu pengamatan burung.

    Pemateri kedua adalah Valentina Shita Prastivi, S.H. tentang “Pengembangan Aviturisme di Indonesia”. Beliau berasal dari Papua dan dalam pemaparannya, beliau memutarkan video tentang kehidupan burung di Papua.

    Kegiatan selanjutnya adalah pemberian Buku Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) kepada perwakilan masing-masing komunitas dan kelompok pengamat burung. Aku sempat bingung saat dipanggil oleh salah satu panitia sebagai perwakilan KPB BIONIC UNY untuk menerima Buku TNBTS. Hal ini dikarenakan akulah satu-satunya perwakilan dari Pengurus KPB Bionic UNY.

    Sesi seminar ditutup dengan foto bersama kemudian berpindah lokasi ke Jatimulyo Kulon Progo. Semoga tahun depan bisa ikut PPBI secara penuh.


    Tidak ada komentar