Header Ads

KPB Bionic UNY
  • Breaking News

    Kegiatan Pertamaku


    Awal yang sangat membuat saya penasaran saat mendengar kata KPB BIONIC UNY. Yang ada dalam pikiran saya yaitu orang yang suka mengoleksi burung, krena gambar logo pada tulisan ini adalah burung, entah itu burung apa saya tidak tau, yang jelas itu gambar burung. Selama ini saya tidak begitu tertarik dengan yang namanya burung, bagi saya burung hanyalah kegemaran bagi orang laki- laki yang suka mengoleksinya. Karena yang saya tau hanyalah burung elang, cucak, walet dst. Hanya nama- nama burung seperti itulah yang saya tau. 

    Rasa penasaran saya, membuat saya ingin melihat apa saja yang di kerjakan oleh para kelompok pengamat burung di UNY? Saat itu saya iseng- iseng mengikuti pengamatan burung Raptor di bukit Jarum Merapi. Saat itu angkatan 2014 hanya saya dan teman saya satu yang berminat mengikuti kegiatan ini. Setelah di lihat- lihat ternyata kegiatannya seru sekali. Saya bisa melihat burung yang sedang terbang dengan jarak yang sangat dekat dengan menggunakan alat binokuler yang biasa digunakan untuk pengamatan burung. Dari situ saya bisa melihat warna sayap, bentuk paruh, bahkan bagian matanya. Sangat mengesankan. 

    Ternyata dari ciri- ciri yang diamati nantinya kita bisa mengetahui spesies burung yang dilihat. Dan ternyata KPB BIONIC UNY mempunyai buku yang sangat tebakl sekali yang di sebut dengan MacKinnon, di dalam buku ini banyak sekali jenis- jenis burung. Ternyata burung elang saja mempunyai banyak jenis. Kegiatan ini membuat saya sangat penasaran, tapi menyenangkan juga karena kita sekaligus bisa belajar dan bermain. 

    Lain waktu saya menyempatkan untuk mengikuti kegiatan yang di adakan oleh kelompok pengamat burung ini. Namanya “PERGAM”. Kegiatan inibanyak diikuti oleh angkatan baru. Kita rame- rame ke Kulonprogo naik truk, dan kita melakukan pengamatan di sana selama 2 hari. Ini pengalaman yang sangat menyenangkan bagi saya. Ternyata di sini banyak sekali jenis burung yang dapat diamati, mungkin karena disini lokasinya masih asri, banyak pepohonan yang rindang dan jauh dari keramaian. Dari pengalam- pengalaman ini lah yang membuat saya tertarik untuk mengikuti kegiatan BIONIC. 

    Belajarmu jangan hanya di depan buku, alam gunakan untuk ilmu nyatamu

    Tidak ada komentar