Header Ads

KPB Bionic UNY
  • Breaking News

    Birdwatching for kids ( BW4K ) Untuk Kelestarian Burung

          Kegiatan Birdwatching for kids ( BW4K) adalah kegiatan yang dilakukan oleh bionic untuk mengedukasi dan membantu anak anak menumbuhkan rasa cinta terhadap alam, khususnya satwa burung. Belajar dari alam dapat membantu anak-anak menumbuhkan rasa  terhadap kehidupan. Mereka dapat menghargai dan memahami pentingnya hubungan antara alam dan manusia untuk tidak menyakiti atau merusak lingkungan.

          Kegiatan BW4K kali ini dilaksanakan di Dusun Kadiluwih, Magelang. Kegiatan ini dilaksanakan oleh salah satu bionicers ( Maulin Otto ) yang didominasi anak-anak umur 6 - 9 tahun. Kegiatan ini diharapkan menjadi hobi populer di masa mendatang sehingga kepedulain terhadap kehidupan burung liar meningkat.

       Anak - anak dikenalkan dengan peralatan pengamatan seperti kamera, teropong binokular dan beragam stiker burung untuk mengenalkan burung lebih menarik pada mereka.  

    " Saya mengajak anak - anak untuk mengamati burung di sekitar rumah. Kegiatan ini diharapkan dapat mengajak anak - anak untuk lebih memperhatikan lingkungan.” ( Malin Otto ).  

        Ada beberapa tahapan yang dilakukan bionicers satu ini untuk mengenalkan burung kepada anak anak yaitu dengan mengenalkan mereka morfologi umum yang dimiliki burung. Kemudian mengasah pengamatan anak - anak dengan mencoba memperkenalkan fungsi dan cara menggunakan teropong binokular untuk melihat gambar literatur burung. Selanjutnya melakukan moment yang ditunggu oleh anak - anak yaitu berpetualang di sekitar untuk melihat bagaimana perilaku dan karakter burung. Anak - anak mengidentifikasi burung berdasarkan ciri fisik yang kemudian di catat didalam buku pengamatan, seperti warna sayapnya, warna paruh dan warna kaki. 

     

    " Agar anak - anak tetap semangat dan tertarik lagi dengan burung, aku buat banyak permainan saat diskusi," jelasnya.

          Otto menambahkan  beberapa peserta BW4K senang mengamati burung dan sadar akan banyak hal yang menarik di sekitar rumah. ”Semoga, pengamatan burung semakin populer dan menjadi hobi mereka. Semakin banyak yang ikut, kelestarian burung terjaga.” 


    Tidak ada komentar