Selasa, 07 Maret 2017

Launching Buku Burung Kampus UNY Karangmalang

Kelompok Pengamat Burung Bionic Universitas Negeri Yogyakarta (KPB Bionic UNY) berhasil melangsungkan acara Launching Buku Burung Kampus UNY Karangmalang pada hari Sabtu (4/3) yang bertempat di Gedung Laboratorium Astronomi FMIPA UNY. Acara ini sudah menjadi cita-cita Bionicers, yaitu Bionic dapat membuat satu karya yang dapat bermanfaat. Bentuk nyatanya yaitu terbentuknya buku Burung Kampung UNY Karangmalang yang berisi jenis-jenis burung yang ada di kampus UNY Karangmalang.

Acara launching buku ini dihadiri oleh pembina KPB Bionic UNY yaitu bapak Sukiya, M.Si. dan Wakil Dekan III FMIPA UNY, Ir. Suhandoyo, M.S yang memberikan sambutan sekaligus membuka acara ini. Peresmian acara launching buku dengan cara penandatanganan buku Burung Kampus FMIPA UNY oleh kedua penulis buku tersebut yaitu Zulqarnain Assiddiqi, S.Pd, Zulfikar Abdullah, S.Pd, bapak Sukiya, M.Si dan bapak Suhandoyo, M.S.

Setelah sesi pengenalan kedua penyusun, peserta dipersilahkan menikmati coffe break dan hiburan dari panitia. Acara berikutnya sesi bedah buku yang dimoderatori oleh Raden Arif Alfauzi dan Aghnan Pramudihasan. Sebelum dimulai, Bapak Sukiya, M.Si. dan Bapak Dr. Hartono, M.Si. selaku Dekan FMIPA UNY memberikan sedikit pengantar dan apresiasi.

Pembina Bionic, Bapak Sukiya, M.Si. menyampaikan bahwa buku ini sudah bagus tetapi masih bisa dikembangkan lagi melihat list jenis burung yang didata di kampus setiap tahunnya. Data jenis burung bisa ditambah dengan jenis pohon yang digunakan apakah hanya sebagai tempat hinggap, tempat makan atau tempat bersarang. Sehingga arahnya bisa ke koonservasi atau menjaga keberadaan mereka di kampus ini.

Menurut Zulqarnain Assiddiqi, S.Pd atau yang lebih sering disapa dengan nama Zuqi, alasan awal pembuatan buku Burung Kampus UNY Karangmalang adalah setiap tahun KPB Bionic melakukan pendataan burung kampus UNY dan diperoleh data, namun data yang diperoleh hanya menjadi data yang tidak ada artinya karena beluma ada tindak lanjut dari kegiatan tersebut. Oleh karena itu, terpikirlah oleh mereka untuk mebuat data burung yang sudah terkumpul menjadi buku.

Ahmad Zulfikar Abdullah, S.Si. menambahkan, "Kami hanya menyusun saja, bukan menulis karena barangnya sudah ada tinggal disusun. Awalnya belum terbesit mau dikeluarkan dalam bentuk buku, tetapi hanya sebatas softfile saja."


Sekitar 50 orang peserta yang hadir pada acara launching buku antara lain dari BIOLASKA UIN, KPALH CARABINER FT UNY, KP3 Burung UGM, Kepak Sayap UNS, Binobio UAD, KSB UAD dan beberapa perwakilan Ormawa yang ada di FMIPA UNY. Perwakilan setiap organisasi yang hadir mendapat satu buku untuk menanmbah pengetahuan mereka dan sebagai salah satu bentuk publikasi. (Nurul/Aghnan)

0 komentar:

Posting Komentar