Header Ads

KPB Bionic UNY
  • Breaking News

    KPB Bionic UNY Rebut 3 Juara Nasional dalam Taman Nasional Bromo Tengger Semeru Birdwatching Competition 2017

    Kelompok Pengamat Burung BIONIC Universitas Negeri Yogyakarta (KPB Bionic UNY) kembali menorehkan prestasi dalam ajang lomba pengamatan burung. Kali ini dalam event nasional Taman Nasional Bromo Tengger Semeru Birdwatching Competition 2017 yang diselenggarakan untuk pertama kalinya, dari tanggal 15-17 September 2017 di Ranu Darungan (Ranu Linggo Rekisi) TNBTS.

    Ketua Panitia kegiatan, Koestriadi Nugra Prasetya atau biasa dipanggil Ibung menjelaskan tujuan dari kegiatan ini antara lain sebagai ajang promosi dan publikasi minat wisata khusus sehingga menarik minat pemerhati burung untuk berkunjung ke TNBTS; menambah database perjumpaan burung di kawasan TNBTS; meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap konservasi burung di habitat alaminya; sarana kampanye konservasi keanekaragaman hayati di TNBTS; sekaligus untuk memperingati Hari Konservasi Alam Nasional.

    Sebelum perlombaan birdwatching, peserta memperoleh beberapa pembekalan materi antara lain Tentang Taman Nasional Bromo Tengger Semeru oleh Bapak Ahmad Susdjojo, S.Sos. selaku Kepala Bidang PTN Wilayah II TNBTS dan materi tentang Etika Fotografi Satwa Liar oleh Budi Hermawan dari Wildlife Photographer. Setelah perlombaan, peserta juga mendapatkan materi tentang Burungnesia oleh Waskito Kukuh Wibowo dari Birdpacker dan Atlas Burung Indonesia oleh Imam Taufiqurrahman selaku koordinator ABI.

    Juri dalam event TNBTSBC 2017 ini merupakan pakar dalam dunia burung dan sudah berkompeten dalam penjurian lomba birdwatching, adalah Imam Taufiqurrahman dari Yayasan Kutilang Yogyakarta; Swiss Winnasis dari Taman Nasional Baluran; dan Karyadi Baskoro yang merupakan Dosen Biologi Universitas Diponegoro.

    Peserta TNBTS Birdwtching Competition 2017 sebanyak 60 tim berasal dari Yogyakarta 12 tim, Semarang 13 tim, Malang 11 tim, Jakarta 9 tim, Surabaya 4 tim, Situbondo 2 tim, Solo 1 tim, Kediri 1 tim, Lumajang 1 tim, Bali 1 tim, Lombok 2 tim dan Campuran 2 tim. Tim-tim ini berasal dari berbagai kalangan, mulai dari pelajar, mahasiswa dan umum. KPB Bionic UNY mengirimkan 8 tim dimana 3 tim diantaranya berhasil memperoleh juara dalam event nasional ini.

    Hasil penilaian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru Birdwatching Competition 2017 adalah sebagai berikut: Kategori Pengamatan Burung, Juara Pertama diraih oleh Tim Pelatuk 2 dari Pelatuk BSC UNNES; Juara Kedua diraih oleh Tim Bionic WSATJC dari KPB Bionic UNY yang beranggotakan Muhamad Hasbi Ashidiqi, Ahmad Saiful Abid dan Panji Gusti Akbar; dan Juara Ketiga diraih oleh Tim Birdpacker dari Malang yang salah satu personilnya adalah Kurnia Ahmadin lulusan Biologi UNY dan anggota KPB Bionic UNY.

    Kategori Fotografi Burung, Juara Terbaik Pertama diraih oleh Tim Calon Jemaah Haji dari Malang yang salah dua personilnya adalah Ahmad Zulfikar Abdillah dan Raden Arif Alfauzi lulusan Biologi UNY dan anggota KPB Bionic UNY; Juara Terbaik Kedua diraih oleh Tim Ardea 1 dari BBC Ardea Universitas Nasional Jakarta; dan Juara Terbaik Ketiga diraih oleh Tim Bionic Rade dari KPB Bionic UNY yang beranggotakan Ratih Dewanti, Ahmad Arif dan Rahmadiyono Widodo.

    Selain itu, juri juga mengumumkan Tim Berpotensi Kategori Pengamatan Burung yang Juara Pertama diraih oleh Tim PPB dari Biolaska UIN Suka; Juara Kedua diraih oleh Tim Bionic A.K.A Familia dari KPB Bionic UNY yang beranggotakan Aghnan Pramudihasan, Kiryono dan Andri Nugroho; dan Juara Ketiga diraih oleh Tim GC Mamen dari Green Community Biologi UNNES. (Aghnan)

    Tidak ada komentar