Header Ads

KPB Bionic UNY
  • Breaking News

    CELEPUK: Festival Burung Pantai 2019


    Festival Burung Pantai 2019

    KPB Bionic UNY menyelenggarakan Festival Burung Pantai 2019 pada tanggal 26-27 Oktober 2019 di Muara Sungai Progo. Mereka menginap di Sanggar Budaya Resi Bisma Dewabrata Talkondo, Poncosari, Srandakan, Bantul. Festival Burung Pantai  ini adalah kegiatan rutin yang digelar setiap tahun dengan tujuan untuk melatih anggota dan kalangan umum untuk mengenal burung pantai terutama burung pantai migran beserta nilai pentingnya bagi alam. Selain itu, kegiatan ini juga mampu menjadi ajang bertemunya para instansi/ kelompok pengamat burung di Yogyakarta. Festival Burung Pantai kali ini diikuti oleh mahasiswa dan pengamat burung dari KP3 Burung UGM, Poltekes Kemenkes Yogyakarta, PPBJ, dan tentunya KPB Bionic UNY dengan total peserta 25 orang.

    Sabtu siang (26/10) peserta sampai di penginapan pukul 14.00 dan dilanjutkan dengan acara pembukaan serta Sholat Ashar. Kemudian pengamatan sore di Muara Sungai Progo dilakukan pada pukul 15.30. Malam harinya ada peyampaian materi dari Ahmad Arif tentang Mengenal Pantai Trisik dilanjutkan oleh Aghnan Pramudihasan tentang Identifikasi Burung Pantai. Pada akhir materi terdapat sesi tanya jawab dan juga soal kuis yang  membuat peserta semakin antusias.

    Minggu pagi (27/10) peserta berangkat lagi menuju ke Muara Sungai Progo setelah sebelumnya mengisi perut dengan sarapan. Mereka bersiap untuk mengamati burung pantai migran. Sesampainya di sana, para peserta sudah disambut oleh ratusan burung pantai yang siap diamati dan diidentifikasi. Minggu pagi itu, hingga pukul 08.30 WIB, telah banyak jenis burung migran yang mereka catat. Cerek kernyut, Cerek pasir besar, Biru laut, Trinil pantai, Kedidi, dan beberapa burung migran  lain.

    Pukul 09,00 peserta kembali ke penginapan untuk melakukan diskusi. Sesi diskusi dipimpin oleh Alfian Surya Fathoni dan diisi dengan tebak menebak jenis burung yang ditemui. Hasil diskusi menunjukkan bahwa terdapat beberapa list burung pantai yang teramati diantaranya adalah Cerek krenyut, Cerek jawa, Cerek pasir mongol, Kedidi golgol, Kedidi leher merah, Kedidi besar, Trinil pantai, Trinil semak,  Trinil kaki hijau, Trinil ekor kelabu, Biru laut ekor kelabu, Biru laut ekor blorok, dan Gajahan penggala. Selain itu, ada jenis burung air lainnya seperti Kuntul karang, Blekok sawah dan Cangak abu.

    Pada akhir sesi, ada pengumuman pemenang kuis semalam yaitu Alfian Adhi Chandra (Poltekes Kemenkes Yogykarta) dan Faris Ardianto (KP3 Burung UGM).

    Tidak ada komentar