Header Ads

KPB Bionic UNY
  • Breaking News

    Bionic Pengamatan Bersama Carabiner FT UNY


    Sore itu tampak sebuah keramaian ada di depan student center Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta. Hari itu ada sebuah acara yang di gelar oleh pihak MAPALA Carabiner yaitu mengenai diksar dan mengundang Bionic sebagai pembicara dalam acara tersebut.

    Acara dimulai dengan perkenalan masing masing anggota dari pihak Carabiner dan dilanjutkan dengan sesi pematerian yang dibawakan oleh Hammas. Dalam materinya disampaikan banyak hal penting mengenai perburungan dan isu-isu tanah air yang sedang hangat saat ini.

    Materi inti yang disampaikan adalah tentang identifikasi burung dan tata cara pengamatan burung. Dimulai dengan memperkenalkan jenis burung yang ada di sekitar, para peserta tampak sangat antusias dengan materinya yang kebanyakan berupa gambar burung yang mempunyai banyak warna. Sesi materi kurang lebih berlangsung selama satu jam tiga puluh menit dengan tanya jawab pula di dalamnya.

    Acara dilanjutkan dengan praktik lapangan yang dilakukan di sekitar Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogykarta. Sebelum pengamatan, kami membagi menjadi beberapa kelompok agar memudahkan para pemandu memberikan materi lapangan.

    Banyak sekali burung yang ditemukan pada saat pengamatan, salah satunya burung punai. Burung ini menyita banyak perhatian para peserta karena memiliki warna yang cantik dan mudah untuk dilihat dan ditemui di bandingkan burung lain yang memiliki gerakan sangat gesit dan lincah ketika meloncat dari ranting satu ke ranting lainnya. Apalagi burung ini memiliki ukuran yang lumayan besar, sebesar burung dara. 

    Ketika menunjukkan pukul 5 sore, kami mengakhiri kegiatan pengamatan karena di rasa hari mulai gelap dan burung-burung mulai kembali ke sarang untuk beristirahat. Banyak sekali pengaaman yang diambil ketika mengajarkan sesuatu kepada orang lain, salah satunya adalah rasa senang ketika bisa bermanfaat bagi orang lain dan menyaurkan ilmu yang kita punya untuk dimanfaatkan orang lain.

    Tidak ada komentar