Header Ads

KPB Bionic UNY
  • Breaking News

    CELEPUK: Pendataan Burung Kampus UNY 2019

    CELEPUK (Cerita Selepas Pulang Kegiatan)


    Pendataan Burung Kampus atau singkatnya PBK dilakukan di sekitaran kampus UNY yakni di beberapa fakultas seperti, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Fakultas Bahasa dan Seni (FBS), Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK), Fakultas Ekonomi (FE), Fakultas Ilmu Sosial (FIS), Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Fakultas Teknik (FT), Rektorat. PBK ini bertujuan untuk mengetahui struktur dan komunitas dari burung yang ada di kampus dari waktu ke waktu. Maka dari itu, pendataan ini diadakan setiap tahun agar sesuai dengan tujuan  yang ada.

    Kegiatan PBK diselenggarakan tiga hari berturut-turut dengan waktu pengamatan yaitu pada pagi hari dan sore hari. Pengamatan ini dibagi beberapa shift ada yang pagi hari dan ada yang sore hari. Tak lupa setiap pengamatan dibagi beberapa kelompok untuk menelusuri area- area kampus yang sudah disebutkan diatas, hal ini dilakukan agar pengamatan terbagi rata di setiap fakultas. Biasanya jalur pengamatan ini dibagi berdasarkan kedekatan letak fakultas. PBK diikuti oleh pengurus maupun anggota- anggota KPB Bionic UNY.

    Pagi hari, saat itu saya kedapatan shift di pagi hari. Sekitar pukul 07.00 kami berkumpul di sekretariat KPB Bionic UNY bahkan saat itu lebih pagi dari hari- hari biasa saya ke kampus hehehe… Tapi, ga masalah karna pengamatan dipagi hari lebih seru (menurut saya loh).

    Pengamatan burung dipagi hari tuh bagaikan menyegarkan pandangan mata kita dengan kecantikan burung- burung tersebut. Saat pagi hari pun, burung – burung yang teramati lebih banyak.. eits tapi di sore hari juga banyak burung- burung yang teramati walaupun tidak sebanyak saat pagi hari huhuhu. Burung yang paling saya sukai saat pengamatan burung kampus yaitu berbagai jenis bondol- bondolan. Karena saat saya mengamatinya saya bisa melihat perbedaan langsung dari bondol haji, bondol peking, dan bondol jawa karna pada saat itu mereka sedang bertengger di pohon yang sama sehingga sangat terlihat perbedaan diantara mereka. Jumlah dari bondol- bondol tersebut pun tak sedikit loh, mereka sedang mencari makan bersama-sama kali yah wkwkwk.

    Tak hanya jenis bondol- bondolan saja yang terdapat disekitar kampus UNY, masih banyak lagi jenis- jenis burung yang lain seperti cucak kutilang, merbah cerucuk, gereja erasia, dan masih ada sekitar 20- 30 jenis burung yang teramati per-shift saat pengamatan burung kampus.

    Tidak ada komentar