Header Ads

KPB Bionic UNY
  • Breaking News

KPB Bionic UNY turut ikut serta dalam kegiatan PPBI X di Pulau Dewata

Pertemuan Pengamat Burung Indonesia (PPBI) merupakan kegiatan pertemuan pengamat burung yang rutin dilakukan setiap tahunnya dengan lokasi yang berbeda-beda. Tahun ini tepat satu dekade Pertemuan Pengamat Burung Indonesia dilaksanakan. Acara PPBI X menjadi ajang silaturahmi sekaligus menambah pengetahuan bagi para pengamat serta berbagi pengalaman tentang kehidupan burung di daerahnya masing-masing.

KPB Bionic UNY mengirimkan empat orang sebagai delegasi untuk menghadiri Pertemuan Pengamat Burung Indonesia (PPBI X) yang yang diselenggarakan di Desa Penatahan, Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan, Bali. Keempat orang tersebut adalah David, Aufa, Distya, dan Sekar. Rencana perjalanan pun kami rancang sedemikian rupa, dengan sesekali kami merasa ragu karena satu dan lain hal. Namun, entah perihal apa yang membuat kami pada akhirnya tetap berangkat untuk mengikuti acara tersebut.

Berawal dari Yogyakarta, kami memulai perjalanan menuju Bali untuk menghadiri acara PPBI X pada tanggal 5-7 Mei 2023. Tepat pada pukul 07.00 kami memulai perjalanan dengan kereta api dari Stasiun Lempuyangan dan menempuh waktu perjalanan 13 jam, hingga tiba akhirnya sampai pada pukul 20.00 di Stasiun Ketapang. Sesampainya di Stasiun Ketapang kami masih harus menempuh perjalanan lagi dengan menggunakan kapal hingga akhirnya tiba di Bali. Setelah turun dari kapal kami masih harus menempuh perjalanan selama 3 jam untuk sampai ke lokasi penjemputan dengan menaiki bus. Kami tiba di lokasi penjemputan pada pukul 04.00 dan bersinggah di sebuah masjid terlebih dahulu untuk menunggu penjemputan, hingga akhirnya pada pukul 09.00 kami tiba di tempat.

Total peserta yang mengikuti kegiatan ini adalah 110 peserta yang berasal dari berbagai daerah di seluruh Indonesia. Kegiatan PPBI X dibuka pada tanggal 5 Mei 2023 pukul 17.00 oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tabanan yang mewakili Bupati Tabanan.  Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari, yaitu melakukan diskusi dengan pengamat burung dari berbagai daerah, mengabadikan potret burung guna tujuan konservatif, dan untuk menjaga biodiversitas yang dimiliki Indonesia.

Kegiatan pengamatan dilaksanakan di area persawahan Desa Penatahan dan hutan di sekitar pura luhur batukaru. Desa Penatahan dan Kawasan Batukaru dipilih sebagai lokasi kegiatan karena memiliki beberapa jenis burung yang sudah sulit ditemui di tempat lain, seperti jenis bondol oto-hitam (Lonchura ferruginosa) dan juga Elang tikus (Elanus caeruleus).

Pada sesi diskusi, topik-topik yang diperbincangkan mengenai perdagangan burung, Gerakan Ficus Nasional, hingga pertobatan dari eks. pemburu yang sekarang berkecimpung dalam dunia fotografi burung, sangat menarik. Sesi diskusi dilanjutkan dengan diskusi mengenai upaya yang dapat dilakukan untuk konservasi burung.

Pada Minggu, 7 Mei 2023 dilaksanakan penutupan kegiatan PPBI X dengan beberapa keputusan dari hasil diskusi bersama. Akhirnya kegiatan PPBI X telah selesai. Kami pun melanjutkan perjalanan pulang ke tempat asal kami, Yogyakarta.