Header Ads

KPB Bionic UNY
  • Breaking News

    Tiga Proposal Penelitian 70 Judul FMIPA dari Bionicers yang Lolos

    Peran Pohon Beringin (Ficus Sp.) terhadap Keanekaragaman Burung di Kampus Karangmalang Universitas Negeri Yogyakarta

    Keanekaragaman tumbuhan pada suatu area dapat memberikan pengaruh terhadap jumlah serta jenis burung yang ada. Salah satu tumbuhan yang memiliki peran penting bagi burung adalah pohon beringin (Ficus sp.). Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk dapat menilai peran pohon beringin (Ficus sp.) terhadap keanekaragaman burung yang ada di Kampus Karangmalang Universitas Negeri Yogyakarta. Dengan menggunakan metode observasi concentration count, didapatkan hasil adanya 13 jenis burung (179 individu) dengan nilai indeks keanekaragaman sedang. Pohon beringin (Ficus sp.) ini berperan terhadap berbagai perilaku burung berupa perilaku makan, sosial, resting, moving dan berkembangbiak yang dapat ditemukan pada periode pengambilan data.

    Distribusi Pemetaan Keragaman Burung di Kampus UNY Karangmalang

    Pengadaan fasilitas yang cukup gencar dilakukan oleh Universitas Negeri Yogyakarta dapat mengganggu keanekaragaman hayati, salah satunya dapat menyebabkan ancaman bagi habitat burung liar yang ada di lingkungan kampus UNY. Keberadaan burung dapat menjadi indikator lingkungan mendukung kehidupan suatu organisme atau tidak. Sebagai salah satu komponen ekosistem, burung mempunyai hubungan timbal balik dan saling tergantung dengan lingkungannya maka dari itu, kehadiran burung dalam suatu ekosistem perlu dipertahankan. Hasil observasi lapangan yang dilakukan terdapat 33 jenis burung yang ada di Kampus Karangmalang UNY.

    Analisis Spektogram dalam Rekaman Suara Burung Menggunakan Fft untuk Menyusun Metode Klasifikasi Berdasarkan Suara

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode klasifikasi berdasarkan suara melalui analisis spektogram dalam rekaman suara burung. Penelitian ini menggunakan metode analisis kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei – Agustus 2022. Berdasarkan hasil penelitian yang menggunakan 10 jenis burung berbeda kemudian dibentuk tabel karakteristik yang mengindentifikasikan burung dari spektrum suaranya menggunakan FFT pada matlab didapatkan bahwa terdapat beberapa cara untuk pengelompokan burung tersebut dengan melihat kesamaan parameter suaranya, seperti jumlah elemen dalam satu syllabe, jumlah peak frekuensi, frekuensi dominan, dan frekuensi masimum.

    Tidak ada komentar