Header Ads

KPB Bionic UNY
  • Breaking News

    Secuil petualangan di Lawu Birdrace Competition II

    Lawu birdrace competition II merupakan kegiatan lomba yang diadakan oleh Universitas Negeri sebelas maret atau yang sering disebut UNS. Pada perlombaan kali ini bionic mendelegasikan 3 kelompok, nah kelompok ini terdiri dari kelompok 1 bernama Klandestin yang beranggotakan David suharjanto, Cicilia Mega gevita, dan Alfian Surya Fatoni. Lalu di kelompok 2 bernama H.I.V yang beranggotakan Haqqul Fata, Muhammad Iqbaal Al-Hamid dan Vikram Zaky Ardianto. Kelompok terakhir yaitu ada Gracecielo Isaiah Poetra, Nadhia SK Muhinda Putri, dan Aprilia Latifah. Perlombaan ini dilakukan pada tanggal 13 hingga 15 Oktober bertempat di dusun tambak desa berjo, ngargoyoso, Karanganyar atau lebih tepatnya berada di area gunung lawu. Gimana sih keseruan dari Lawu Birdrace competition ini, mari kita Simak. 

    Jumat, 13 Oktober 2023 petualangan 3 kelompok dari Bionic ini dimulai, perjalanan dari jogja ke solo kita menggunakan KRL pukul 8.50, pada perjanjian awal kita berkumpul di stasiun jam 8 untuk persiapan dan pengkondisian, namun dipagi itu terjadi kelucuan. 3 Anggota 15 menit terakhir saat kereta akan berangkat mereka belum sampai, namun tuhan masih baik sehingga mereka masih bisa mengejar waktu KRL. Setelah turun dari stasiun jebres solo, kita ber sembilan mengalami tragedi kelaparan hahahah, tetapi sungguh sudah diplanning karena kita membawa bekal dari jogja yeiiii. 

    Setelah usai makan kita lanjut ke UNS untuk melakukan transit dan melanjutkan perjalanan menggunakan bus ke desa berjo. Pada perjalanan menggunakan bus, kami 3 kelompok  terpisah dari masing-masing bus. Dilanjutkan pada hari selanjutnya, pukul 05.00 kami sudah bersedia untuk menyelam hutan lawu mencari foto dan list burung cantik di sana. Semua peserta menggunakan bino, kamera dan pensil mereka dengan serius untuk mendapatkan hasil yang memuaskan dan begitu pula ketiga kelompok dari bionic ini sudah berpencar entah kemana. 

    Burung yang ditemui mulai dari cekakak Sungai, sikatan bodoh, sikatan ninon, walik kepala ungu, sepah kecil, srigunting kelabu, sikatan belang, dan jenis burung lain yang menarik. Hingga pada hari terakhir minggu, 15 Oktober 2023 kami berpindah ke Tahura KGPAA. Mangkunegoro 1 untuk melakukan pengumuman lomba. Rasa takut dan deg-degan mulai terasa di hari terakhir ini, saling menebak satu sama lain siapa pemenang lomba, siapa yang akan membawa pulang trophy dan hadiah. Dan saat pengumuman juara tiba, akhirnya kami tau bahwa kami belum bisa membawa pulang hadiah, eitss boong. Mas Alfian surya fatoni atau mas bodrex mendapatkan juara harapan 2 kategori fotografi nihhh. 

    Setelah pengumuman lomba, kami mendapatkan informasi bahwa key species dalam lomba kali ini adalah Walik kepala ungu, Srigunting hitam, Cica daun sayap biru, Sikatan belang, dan cinenen gunung. Setelah tau jenis burung yang menjadi key species salah satunya adalah walik kelapa ungu kami semua tertawa dan menjadi bahan candaan hingga saat ini karena merasa tidak menggambarnya ataupun menjadikan fotonya sebagai salah satu lomba fotografi. Namun perlombaan hari itu kita anggap sebagai pemanasan untuk kegiatan kedepannya agar lebih baik dan bisa mendapatkan juara.

    Cerita kami tidak sampai pengumuman lomba saja. Ketika akan pulang menuju jogja kami mengalami kejadian tertinggal kereta selama 2 kali karena kecerobohan kami yang tertidur di aula FIPP UNS. Sungguh pengalaman 3 hari bersama orang-orang hebat dengan pengalaman yang sangat menyenangkan.


    Tidak ada komentar